Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023

SMK NEGERI 1 PANTE CEUREUMEN

Pante Ceureumen - Selasa, 02 Mei 2023

Seluruh warga SMK Negeri 1 Pante Ceureumen, berkumpul di halaman sekolah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.


Perlu diketahui bahwa penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tanggal 2 Mei yang kini dirayakan sebagai Hardiknas juga berdasarkan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Indonesia tersebut.

Ada tiga semboyan yang melekat erat dengan dunia pendidikan yang diciptakan beliau, yaitu:

• Ing ngarso sung tulodho: di depan memberi teladan

• Ing madyo mangun karso: di tengah memberi bimbingan

• Tut wuri handayani: di belakang memberi dorongan

Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan membuatnya mendapat julukan bapak pendidikan Indonesia.

Hari kelahirannya, yaitu tanggal 2 Mei juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Kepala SMK Negeri 1 Pante Ceureumen, Bapak Dastur Syah, SP, MP menjadi pembina upacara pada hari ini dengan membacakan amanat upacara. Seluruh peserta upacara tampak khidmat mengikuti jalannya upacara meski panas sinar matahari menerpa.



Upacara hari ini juga jadi momentum perdana masuk sekolah setelah libur Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga hal-hal baik selalu menghampiri kita semua. Semangat Menggapai Mimpi Meraih Prestasi. Majulah Pendidikan Indonesia. Wujudkan Merdeka Belajar.

Setelah melaksanakan Upacara, peserta upacara dengan semangat melanjutkan kegiatan dengan gotong royong membersihkan pekarangan Halaman Sekolah.


Kemudian di akhiri dengan foto bersama di depan kantor

sumber foto : Guru SMK Negeri 1 Pante Ceureumen

Salam Redaksi (Ateng Tansani/*red)